Diposting oleh GideOn | 0 komentar

Internet Sebagai Media Informasi Bagi Ibu Rumah Tangga

a. Batasan Topik : Teknologi yang di bahas adalah teknologi internet sebagai media informasi

b. Sasaran : Ibu Rumah Tangga yang tidak bekerja.

Tugas utama kaum ibu tidak semata-mata melahirkan bayi, merawat, mengasuh dan membesarkan anak sambil menjadi istri yang mengabdi pada suami, perlahan tapi pasti mulai berubah seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi.
Memang benar ibu-ibu masih mengasuh dan membesarkan anak-anaknya, tetapi banyak di antara mereka juga ingin lebih mengembangkan diri, bakat, minat dan hobi yang tidak hanya sekedar untuk mengisi waktu, tetapi juga menambah ilmu dan pengetahuan.

Bagi seorang ibu yang berkeluarga, ternyata banyak informasi yang berkaitan dan bermanfaat untuk rumah tangga. Informasi ini dapat kita akses melalui internet mulai dari resep masakan, cara hidup sehat, kecantikan, masalah bercocok tanam bahkan berita dan infotainment. Untuk kepentingan pendidikan anak dan membantu proses belajar, informasi yang berkaitan dengan psikologi anak juga materi pendidikan seperti soal-soal ujian dan materi untuk membantu tugas sekolah, juga dapat kita akses melalui internet. Hingga saat banyak sekali situs-situs yang menyajikan data dan informasi yang bermanfaat untuk kepentingan rumah tangga secara instant.

Penggunaan internet selain untuk memperoleh informasi juga untuk komunikasi. Kita dapat mengirim email sekaligus komunikasi via chatting menggunakan fasilitas yang disediakan oleh situs-situs seperti Yahoo Mail, Yahoo Messenger, Facebook dan masih banyak lagi. Khusus dalam hal ber “chatting” , alangkah baiknya bila kita berkomunikasi untuk saling menukar informasi yang bermanfaat lebih dari sekedar “ngrumpi” yang banyak menghabiskan waktu dan energi secara percuma.

Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang tidak hanya membutuhkan `perangkat kasar’ berupa tangan, kaki dan anggota tubuh lainnya untuk mencuci, menyetrika, bebenah rumah, tetapi juga `perangkat lunak’ - kelihaian otak guna mengatur keuangan, mengolah makanan, meredam emosi. Juga beberapa perangkat lunak lainnya yang berhubungan dengan naluri keibuan berupa kelembutan, kesabaran untuk mengayomi rumah tangga. "Terkadang ibu rumah tangga pun harus siap menjadi pengawal (bodyguard) yang dapat mendeteksi keadaan rumah tangga agar selalu tentram dan nyaman.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengakses data dan informasi adalah dengan memanfaatkan Google sebagai mesin pencari (search engine). Diawali dengan mengetik www.google.com pada alamat website dan dilanjutkan dengan mengetik kata kunci atau penggalan kalimat tentang informasi yang hendak kita cari pada kolom di halaman Google setelah itu cukup tekan tombol “enter” atau klik “Google Search”, maka tampilah semua pilihan informasi yang kita perlukan. Selain Google, saat ini ada pula mesin pencari lainnya yang baru saja diluncurkan yaitu Bing.com, yang mana cara pengoperasiannya hampir sama. Bila kita menginginkan informasi dalam bentuk format PDF, kita dapat juga menggunakan mesin pencari lainnya seperti pada www.pdf-search-engine.com dan lain sebagainya.

         Terakhir, kita dituntut untuk bijak dalam hal menggunakan fasilitas internet. Banyak juga situs-situs yang dapat merugikan dan menyesatkan. Dalam hal ini diperlukan kewaspadaa kita sebagai ibu rumah tangga yang mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di depan PC atau Laptop untuk menjelajah (surfing) di dunia maya dengan memilah dan memilih informasi mana yang baik dan mana yang buruk. Diharapkan teknoogi informasi dapat membawa dapmak positif basi ibu rumah tangga yang memanfaatkannya.


0 komentar: