Diposting oleh GideOn | 2 komentar

Manfaat Internet Bagi Mahasiswa


a.       a. Batasan Topik : Perkembangan teknologi internet sangat berguna bagi mahasiswa.
b.      b. Sasaran : Mahasiswa ( minimal semester lima )

Sekarang ini perkembangan teknologi informasi semakin cepat, informasi terkini yang terjadi di suatu wilayah dapat diperoleh dengan mudahnya, bahkan telah menyebar sampai pelosok pedesaan. Mereka telah mengenal dan bahkan memanfaatkan perangkat teknologi informasi, salah satu contohnya adalah penggunaan handphone (HP) yang memiliki fasilitas GPRS, Blackberry, Ipod, Netbook/Notebook dan fasilitas teknologi informasi lainnya. Dengan perangkat tersebut setiap informasi terbaru dapat diakses oleh setiap orang.

Kampus sebagai tempat belajar para mahasiswa, merasakan dampak dari pesatnya perkembangan Teknologi Informasi (IT). Banyak manfaat yang di peroleh bagi mahasiswa dengan adannya fasilitas ini. Seperti mencari materi, mengetahui nilai semester, melihat jadwal, mengerjakan tugas, dan banyak lagi, semuanya dapat dilakukan melalui internet. Inilah dampat kehadiran teknologi informasi di kampus.

Sekarang ini banyak mahasiswa yang menggunakan internet sebagai sarana hiburan. Seperti jejaring social dan games games online yang marak saat ini. Selain dampak positif yang dirasakan, tidak sedikit pula dampak negatif yang terjadi dari kehadiran fasilitas teknologi dan informasi. Banyak mahasiswa pada saat ujian, menjadikan media internet untuk mencari jawaban, bahkan ada pula mahasiswa yang mencari situs-situs porno, sesuatu yang sangat tidak diharapkan tentunya. Kita patut bersyukur bahwa pemerintah mulai memblokir situs-situs yang tidak berguna, sehingga dampak negatif yang timbul dapat diminimalisir.

Namun pesatnya perkembangan Teknologi Informasi saat ini, tidak disertai dengan kelengkapan fasilitas teknologi informasi. Terutama di kampus, Karena tidak semua kampus di lengkapi dengan fasilitas internet bagi mahasiswa, Perlu dukungan dari berbagai pihak agar ketersediaan fasilitas teknologi informasi di kampus terus meningkat.Termasuk kemampuan mahasiswa dalam menggunakan teknologi informasi yang harus terus ditingkatkan. Di butuhkan pelatihan berkelanjutan agar perkembangan teknologi informasi yang terus mangalami perubahan ini bisa diikuti oleh mahasiswa, sehingga penggalian sumber pembelajaran makin lebih banyak lagi, dan pada akhirnya teknologi adalah sebuah anugrah yang nyata dan dapat kita manfaatkan, jadikan kemajuan teknologi sebagai sarana untuk kita mengembangkan potensi yang ada pada diri, untuk terus maju dan menjadi bermanfaat bagi banyak orang.

2 komentar: